(16/03/2009) Dewan Ambalan Sunan Kalijaga - Ratu Kalinyamat mengharapkan kepada semua anggota pramuka penegak MA Nahdlatusy Syubban Sayung untuk menghantar kiriman artikel, berita, kabar dan foto-foto anda semua untuk mengisi ruangan blog ini, anda bisa mengirimkan ke email kami : freekatta@gmail.com (amb.online), (17/03/2009) Harap maaf blog ini masih dalam taraf perbaikan dan selalu dalam editan, semua gangguan tidak kami sengajakan (amb.online), (20/03/2009) Kini blog Ambalan SUKA-RAKA di lengkapi dengan Forum Komunikasi Ambalan, Kekalkan silaturrohmi sesama anggota Pramuka anda di Forum Ambalan SUKA-RAKA www.sukaraka.forumotion.com (amb.online)
DENGAN SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL KITA PACU PERKEMBANGAN GERAKAN PRAMUKA

MENJADI INSAN YANG MANDIRI

Kita selalu mendengar ungkapan " jadilah kamu manusia yang mandiri ", kalimat itu sebenarnya amat mudah untuk kita pahami, tetapi amat sukar untuk kita lakukan, banyak hal yang menjadikan kita sukar untuk melaksanakan dari ungkapan mandiri itu.

Apa itu MANDIRI ?
Mandiri bukan bermakna Mandi Sendiri, atau bermakna Bank Mandiri, tetapi bisa kita maksudkan diri kita berusaha untuk hidup dengan usaha kita sendiri atau dengan kata lain hidup berdikari dengan jerih payah kita sendiri untuk menghasilkan kejayaan yang bisa kita nikmati sendiri dan berguna untuk orang lain.

Biasanya orang yang bisa hidup mandiri itu orang yang sudah berakal atau dengan kata lain orang yang sudah dewasa, berpikir secara matang, semuanya dengan perencanaan yang
disusun secara rapi untuk menghasilkan sesuatu tujuan yang diinginkan, sehingga apa yang dituju dan dicita-citakan itu bisa dicapai dengan sempurnanya alias berjaya.

Pramuka yang Mandiri
Dulu semasa kita berada di bangku sekolah dasar, dan mengikuti extra kurikuler Pramuka kakak pembina selalu mengatakan " adik-adikku semua.... jadikan kegiatan Pramuka ini sebagai bekal untuk esok kalau kita bisa hidup mandiri.... " , mungkin ungkapan itu selalu kita ingat karena Pramuka mendidik kita untuk berdisiplin melaksanakan tindakan-tindakan yang akan kita buat, sehingga timbul perencanaan kehidupan kita sehari-hari.

Kini setelah kita besar dan mengerti mana yang baik-dan mana yang buruk, kita bisa berpikir sendiri dan lain sebagainya, kita malah lupa dengan kebaikan-kebaikan itu sendiri dan malah sering melakukan keburukan-keburukan itu, kita bisa lihat ketika di jambore-jambore, perkemahan-perkemahan, apa yang seharusnya tidak pernah akan kita lakukan kita berani melakukan meskipun dalam hukum agama hal itu sangat dilarang, dalam otak kita mungkin berkata mumpung ada kesempatan jauh dari keluarga dan dalam suasana bebas kita buat aja...

Dari sini kita bisa berpikir sendiri, apakah kita sudah mandiri atau belum... ?
jawabannya... anda seorang anggota Pramuka jadi anda bisa berpikir sendiri, betul nggak... ?

No comments:

Post a Comment

Ingin mendapat artikel seperti di atas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini untuk berlangganan. :

Delivered by FeedBurner

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SUKA - RAKA |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.